Kantor Kelurahan

Kantor Kelurahan

Menu Utama

Friday 17 February 2012


PRODUKSI TEMPE ( Mbak Wiwit )
UKM produksi tempe yang dimiliki oleh Mbak Wiwit ini berada di Jl. Sukorono, dusun Sumowono, Bandungan, Jawa Tengah. Berdiri sekitar 3 tahun yang lalu, dengan bermodalkan uang sendiri, Mbak Wiwit memulai usahanya sudah sejak turun temurun dari keluarganya.
Selama proses pembuatan tempe, Mbak Wiwit memiliki 6 orang pekerja tetap. Usaha tempe yang dikelola Mbak Wiwit ini telah mengalami peningkatan produksi meskipun masih banyak kendala yang dihadapi.
Dalam satu kali produksi, pabrik tempe ini mampu menghabiskan sekitar 425 kg kedelai yang di import dari USA. Dalam kisaran tersebut, biasanya dapat menghasilkan sekitar 1200 bungkus tempe siap jual. Proses pembuatan tempe sendiri memerlukan waktu kurang lebih selama 4 hari setelah itu tempe sudah siap untuk dipasarkan. Adapun proses pembuatan tempe tersebut antara lain :
a.       Diawali dari perebusan kedelai, yang memakan waktu minimal 3 jam.
b.      Proses perendaman, dilakukan kurang lebih selama 12 jam.
c.       Proses selanjutnya adalah penggilingan kedelai, proses ini bertujuan untuk memecah kedelai.
d.      Pencucian kedelai, harus menggunakan air bersih tanpa ada campuran bahan kimia agar kualitas tempe menjadi bagus dan tidak mudah rusak.
e.       Peragian, proses ini memerlukan waktu selama 2 jam.
f.       Pengemasan dan penjamuran, proses ini membutuhkan waktu sekitar 1 hari 2 malam agar tempe yang dihasilkan menjadi tempe yang berkualitas.

Selama proses produksi, banyak kendala yang dihadapi, yaitu :
a.       Keterbatasan alat, khususnya alat penggiling kedelai
Alat penggiling kedelai pada pabrik ini, merupakan buatan sendiri dari bahan kayu dan menggunakan tenaga dinamo sehingga menyebabkan umur alat ini tidak bertahan lama.

          Gambar alat penggiling kedelai
b.      Iklim yang dingin
Desa sumowono merupakan daerah dataran tinggi dan beriklim dingin, sehingga mempengaruhi proses fermentasi jamur. Karena pabrik ini tidak memiliki oven maka ketika cuaca sangat dingin, proses produksi tempe ini akan terhambat.

Tempe hasil produksi pabrik ini mempunyai kualitas tempe yang lebih baik dari tempe lainnya, karena bisa bertahan lebih lama. Menurut Mbak Wiwit “ produk tempenya bisa bertahan 3 hari di luar  kulkas dan 1 minggu jika dimasukkan ke dalam kulkas”. Bagi anda yang mau mengunjungi dan mengetahui lebih jelas proses pembuatan tempe ini bisa menghubngi langsung mbak Wiwit di nomer : 081575439743.


Gambar Proses Fermentasi Jamur




Gambar Proses Pembuatan Kemasan
                             

Gambar Penulis ( Tim I KKN UNDIP 2012 ) dan Mbak Wiwit

No comments:

Post a Comment