Kantor Kelurahan

Kantor Kelurahan

Menu Utama

Monday 30 January 2012

SEJARAH DESA


SEJARAH DESA

       -    Legenda Desa
Tidak ada catatan sejarah maupun prasasti yang menerangkan  sejarah  terjadinya atau  asal usul Desa Sumowono.  Namun ada cerita turun temurun yang menerangkan bahwa  terjadinya  Desa sumowono pada hari Senin Kliwon  oleh  Kyai Ismu  yang makamnya berada di pemakaman Ringin Kurung berdekatan dengan makam istrinya Nyai Ismu, sehingga sampai sekarang setiap hari Senin Kliwon sekitar bulan Agustus atau sesudah panen padi selalu diadakan acara Sedekah Desa atau Sedekah Bumi. Versi lain menyebutkan bahwa cikal bakal yang mendirikan Desa Sumowono adalah Mbah Sumogati  dimana beliau tidak wafat tetapi mukso. Adapun tokoh sejarah yang ada  lainnya adalah Mbah Kyai Khotib Anom yang dimakamkan di Lotogog , Mbah Kiageng  Wilis di pemakaman Padasan serta  masih banyak lagi yang belum diketahui namanya.

-          Sejarah Pemerintahan Desa
Pemerintahan Desa Sumowono dimulai sejak  adanya  kerajaan-kerajaan jaman dahulu  yang kemudian dimulai dengan penjajahan Belanda dilanjutkan jaman Federal kemudian memasuki  Orde Lama , Orde Baru , Orde Reformasi sampai saat ini.

-          Sejarah Pembangunan Desa
Pembangunan Desa Sumowono sudah dimulai dan dirintis masyarakat jaman dahulu dengan munculnya sifat kegotong royongan yang sangat tradisional sampai dengan saat ini yang sudah  dilakukan dengan program kerja yang sangat maju.

Kepala desa yang  pernah menjabat adalah :

1.  SUMO LESONO
2.  SOEJONO (Zaman Federal)
3.  KARTODIHARDJO IBNU (s/d Tahun 1970)
4.  KARTO HADIWARDOYO (s/d  Tahun  1988)
5.  BUDIYONO (s/d Tahun 2007)
6.  ISROFUN  (s/d sekarang)

No comments:

Post a Comment